Minggu, 19 Maret 2017

Nama : Sonny Anggara
KLS   : 1 Ka 29
npm   : 17116126
Nama Dosen : Junaedi Abdillah










Daftar Isi

Pendahuluan                          
1.1          IBD sebagai bagian dari MKDU :
-      Menjelaskan pengertian MKDU .................................................................
-      Menyebutkan Tujuan dari MKDU ..............................................................


1.2         Pengertian ilmu Budaya Dasar :
-      Menjelaskan pengertian llmu Budaya Dasar ..........................................
-      Membedakan IBD dengan Pengetahuan Budaya ...................................
-      Menyebutkan 3 Kelompok besar dalam ilmu dan pengetahuan ..........


1.3         Tujuan Ilmu Budaya Dasar :
-      Menjelaskan masalah budaya dengan benar ........................................
-      Menjelaskan masalah kemanusiaan dengan jelas ...............................
-      Menyebutkan tujuan ilmu Budaya Dasar .............................................



1.4         Ruang lingkup Ilmu Budaya Dasar
-      Menyebutkan 2 Masalah Pokok dalam ilmu Budaya Dasar ..............
-      Menyebutkan 8 Pokok bahasan IBD dengan Benar ..........................




Pendahuluan

                              Ilmu Budaya Dasar adalah suatu materi yang dijadikan mata kuliah di universitas dan di pelajari oleh mahasiswa sebagai materi softskill. Mata kuliah ini membahas tentang kegiatan kita sehari-hari tentang nilai-nilai Kebudayaan,yang dimana semakin berkurangnya nilai kebudayan disekitar masyarakat.
                              Diharapkan mahasiswa dapat memiliki latar belakang kebudayaan yang dapat menambah ilmu pengetahuan tentang budaya serta dapat menanamkan minat,kebiasaan,kesadaran,dan keberanian moral .


1.1  Ilmu Budaya Dasar Sebagai MKDU

Ilmu Budaya Dasar merupakan salah satu komponen dari sejumlah mata kuliah dasar umum (MKDU) yang merupakan mata kuliah wajib di semua perguruan tinggi.
Secara khusus MKDU benujuan untuk menghasilkan warga negara sarjana yang berkualifikasi sebagi berikut :
1.     Berjiwa Pamasila sehingga segala keputusan sena tindakannya mencemıinkan pengamalan nilai-nilai parıcasila dan memiliki integritas kepribadian yang tinggi, yang mendahulukan kepentingan nasional dan kemanusiaan sebagai sarjana Indonesia.
2.   Takwa tethadap Tuhan Yang Maha Esa, beısikap dan bertindak sesuai dengan ajaran agaınanya, dan memiliki tenggang rasa tethadap pemeluk agama lain.
3.  Memiliki wawasan komprehensif dan pendekatan integral di dalam menyikapi pennasalahan kehidupan baik sosial, ekonomi, politik, kebudayaan, maupun penahanan keamanan.
4.     Memiliki wawasan budaya yang luas tentang kehidupan beımasyarakat dan secara beısama-sama maınpu berperan serta meningkatkan kualitasnya, maupun lingkungan alamiah dan secara bersama-sama berperan sena didalam pelestariannya.

1.2 Pengertian Ilmu Budaya dasar

istilah Ilmu  Budaya Dasar dikembangkan di Indonesia sebagai pengganti istilah Basic Humanities yang berasal dari istilah bahasa Inggris “The Humanities”. Adapun istilah Humanities itu sendiri berasal dari bahasa Latin Humanus yang bias diartikan manusia, berbudaya dan halus. Dengan mempelajari the humanities diandaikan seseorang akan bisa menjadi lebih manusiawi, lebih berbudaya dan lebih halus. Dengan demikian bisa dikatakan bahwa the humanities berkaitan dengan nilai-nilai yaitu nilai-nilai manusia sebagai homo humanus atau manusia berbudaya. Agar supaya manusia bisa menjadi humanus, mereka harus mempelajari ilmu yaitu the humanities disamping tidak meninggalkan tanggung jawabnya yang lain sebagai manusia itu sendiri.

Ada 3 kelompok besar dalam ilmu penge tahuan yaitu:
-Ilmu Alamiah
-Ilmu Sosial
-Pengetahuan Budaya


1.3. Tujuan Ilmu Budaya Dasar

Untuk bisa menjangkau tujuan tersebut Hmu Budaya Dasar diharapkan dapat :

-           Mengusahakan penajaman kepekaan mahasiswa temadap lingkungan budaya, sehingga mereka lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru, terutama untuk kepentingan profesi mereka.

-           Memberi kesempatan pada mahasiswa untuk memperluas pandangan mereka tentang masalah kemanusiaan dan budaya serta mengembangkan daya kritis mereka temadap persoalan-persoalan yang menyangkut kedua hal tersebut.

-           Mengusahakan agar mahasiswa, sebagai calon pemimpin bangsa dan negara serta ahli dalam bidang disiplin masing-masing, tidak jatuh ke dalam sifat-sifat kedaerahan dan pengkotakan disiplin yang ketat. Usaha ini terjadi kartna ruang lingkup pendidikan kita amat sempit dan condong membuat manusia spesialis yang berpandangan kurang luas. kedaerahan dan pengkotakan disiplin ilmu yang ketat.

-           Mengusahakan wahana komunikasi para akademisi agar mereka lebih mampu berdialog satu sama lain. Dengan memilki satu bekal yang sama, para akademisi diharapkan akan lebih lancar dalam berkomunikasi.
1.4 Ruang Lingkup ilmu Budaya Dasar
                
      Bertitik tolak dari kerangka tujuan yang telah ditentukan diatas, dua pokok bisa dipakai sebagi bahan penimbangan untuk menentukan ruang lingkup kajian mata kuliah nmu Budaya Dasar. Kedua masalah pokok itu ialah :

1. Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya ( The Humanities ), baik dari segi masing-masing keahlian ( disiplin ) didalam pengetahuan budaya, maupun secara gabungan (antar bidang) berbagai disiplin dalam pengetahuan budaya.

2. Hakekat manusia yang satu atau universal, akan tetapi yang beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaan masing-masing jaman dan tempat. Dalarn melihat dan menghadapi lingkungan alam, sosial dan budaya, manusia tidak hanya mewujudkan kesamaan-kesamaan, akan tetapi juga ketidak sengaman yang diungkapkan secara tidak seragam, sebagaimana yang terlihat ekspresinya dalam berbagai bentuk dan corak ungkapan, pikiran, dan perasaan, tingkah laku, dan hasil kelakuan mereka.
       
Memiliki kedua masalah pokok yang bisa dikaji dalam mata kuliah Ilmu Budaya Dasar tersebut di atas, nampak dengan jelas bahwa manusia menempati posisi sentral dalam pengkajian. Manusia tidak sebagi subyek akan tetapi sebagai obyek pengkajian. Bagaimana hubungan manusia dengan alam, dengan sesama manusia, dirinya sendiri, nilai-nilai manusia dan bagaimana pula hubungan manusia dengan Tuhan menjadi teman sentral dalam Ilmu Budaya Dasar.

Pokok bahasan yang akan dikembangkan adalah:
        Manusia dan cinta kasih.
        Manusia dan keindahan.
        Manusia dan penderitaan.
        Manusia dan keadilan.
        Manusia dan pandangan hidup.
        Manusia dan tanggung jawab serta pengabdian.  
  Manusia dan kegelisahan.  
         Manusia dan harapan.

Kedelapan pokok bahasan itu tennasuk dalam karya-karya yang tercangkup dalam
pengetahuan budaya. Perwujudan mengenai cinta, misalnya, terdapat dalam karya sastra, tarian, musik, filsafat, lukisan, patung dan sebagainya.

Masing-masing pokok bahasan dapat didekati dengan baik menggunakan cabang-cabang pengetahuan budaya secara sendiri-sendiri maupun secara gabungan cabang-cabang tersebut.Pokok bahasan manusia dan cinta kasih misalnya, dapat didekati dengan menggunakan karya seni sastra, atau filsafat atau seni tari dan sebaginya. Disamping itu pokok bahasan manusia dan cinta kasih juga dapat didekati dengan menggunakan gabungan karya seni sastra, karya seni tari, atau filsafat dan sebagainya.


Penutup

                 Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa manusia adalah makhluk ciptahan tuhan yang memiliki jiwa social dan kebudayaan diciptakan untuk memberikan suatu keindahan dan keberagaman untuk mencapai kesatuan serta genesari sekarang dapat melihat  atas keberagaman dari ilmu-ilmu budaya yang dapat di praktekan di lingkungan sekitar




Daftar pustaka

-          Nugroho, Widyo dan Muchji, Achamad. (1991). Ilmu Budaya Dasar. Jakarta: Univesitas Gunadarma

0 komentar:

Posting Komentar